Sekolah Islam terpadu dalam sejarah pendidikan Islam di Indonesia

Lubis, Ahmadi (2018) Sekolah Islam terpadu dalam sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya BPNB Sumatera Barat, 4 (2). pp. 1077-1095. ISSN 25026798 (Submitted)

[img] Text
1. Ahmadi Lubis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran Sekolah Islam Terpadu dengan kurikulum integrasinya merupakan fenomena baru bentuk sistem pendidikan islam di Indonesia. Sampai akhir tahun 70-an sistem pendidikan Indonesia masih memiliki corak dikotomik. Seiring bergulirnya Reformasi di tahun 80- an ada upaya dari sebagai kalangan mencoba keluar dari sistem yang ada dengan gagasan Sekolah Islam Terpadu. Penelitian ini di fokuskan dalam rangka mengungkap bagaimana kehadiran Sekolah Islam Terpadu dalam sejarah pendidikan islam di Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengetahui kehadiran Sekolah Islam Terpadu dalam sejarah pendidikan islam di Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa kehadiran Sekolah Islam Terpadu, dengan segala macam ragamnya, dalam sejarah pendidikan islam di Indonesia ini diprakarsai para aktifis pergerakan islam yang gelisah akan hasil lulusan sekolah di Indonesia. Dimana hasil lulusannya tidak
memiliki daya tahan yang kokoh terhadap arus dan virus globalisasi, disebabkan sistem pendidikan sekolah di Indonesia bersifat dikotomik, mengusai ilmu-ilmu duniawi tapi tidak memiliki semangat keagamaan yang kuat, rentan dengan pengaruh virus globalisasi, jauh dari nilai-nilai Islami. Kondisi ini
dirasakan kurang baik bagi masa depan generasi muslim Indonesia. Maka, alternatif dan solusinya perlu melakukan rekonstruksi ulang sistem pendidikan yang ada dengan menggunakan sistem pendidikan Islam terpadu. Meskipun demikian, konsep terpadu ini sudah ada sebelumnya. Jauh sebelum gagasan sekolah islam dengan slogan terpadu ini muncul sudah ada Adabiyah school, Diniyah school, Diniyah
Putri dan Normal Islam di Sumatra Barat, dan pembaharuan pendidikan Islam Muhammadiyah di Yogyakarta, dll. Sekolah-sekolah ini menerapakan konsep terpadu dalam aktifitas pendidikannya, seperti halnya Sekolah Islam Terpadu yang menjadi “trend baru” saat ini di Indonesia, khususnya di wilayah
perkotaan dimana sekolah-sekolah ini didirikan, keberadaanya saat ini telah tersebar diseluruh Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:51
Last Modified: 03 Sep 2019 04:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/14622

Actions (login required)

View Item View Item