Modul matematika SMP program bermutu: penyusunan proposal penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran matematika di SMP

Widdiharto, Rachmadi and Rudianto, Yudom (2010) Modul matematika SMP program bermutu: penyusunan proposal penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran matematika di SMP. [Teaching Resource]

[img] Text
9. Penyusunan PTK dan Pembljrn Mat.PDF - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Modul ini memuat hal-hal sebagai berikut. Penentuan Fokus Masalah PTK dalam Pembelajaran Matematika SMP, diawali dengan bagaimana memunculkan atau menemukan masalah dalam praktik pembelajaran matematika sehari-hari yang diampu. Starting point dimulai dengan mengajukan case study yang ditulis oleh seorang guru. Kemudian mengidentifikasi masalah tersebut dari aspek pengembangan kurikulum, substansi atau konten materi, maupun strategi/metode pembelajarannya. Selanjutnya, dari hasil identifikasi masalah tersebut disusunlah rumusan masalah baru kemudian muncullah alternatif judul yang mungkin sesuai dengan permasalahan yang disajikan. Penyusunan Proposal PTK dalam Pembelajaran Matematika SMP. Sebagai kelanjutan dari penyajian sebelumnya, bagian ini dimulai dengan pembahasan singkat komponen dan dua alternatif sistematika proposal PTK. Kemudian, melanjutkan dari dua alternatif tadi adalah pembahasan masing-masing komponen diikuti dengan contoh-contoh yang aplikatif terkait dengan permasalahan yang diajukan. Akhir dari pembahasan modul ini diharapkan telah tersusun contoh proposal PTK dalam pembelajaran matematika SMP.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: Pendidikan > Guru > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama
Divisions: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Matematika
Depositing User: Mrs Sri Pudjiastuti
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:52
Last Modified: 04 Sep 2019 03:52
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/14548

Actions (login required)

View Item View Item