Tingkat kesadaran sejarah siswa SMTA di kota Bandung

Ekadjati, Edi S. and Suhamihardja, A Suhandi (1986) Tingkat kesadaran sejarah siswa SMTA di kota Bandung. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Tingkat kesadaran sejarah siswa smta di kota bandung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12MB)

Abstract

Karya tulis ini merupakan laporan hasil penelitian mengenai kesadaran sejarah di kalangan masyarakat jawa Barat yang dalam hal ini diwakili oleh siswa-siswa SMTA di Kota Bandung, dengan sampel penelitian yang diambil sebanyak empat buah SMTA. Tentu saja hasil penelitian ini belum mencerminkan gambaran kesadaran sejaral1 masyarakat Jawa Barat secara menyeluruh, sebab responden yang dijadikan tempat menimba data sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah masyarakat Jawa Barat. Di sini hanya diambil 40 orang dari sekitar 25.000.000 orang warga Jawa Barat. walaupun demikian, gambaran yang diperoleh dari penelitian ini cukup pula memberi informasi bagaimana tingkat kesadaran (sebagian) warga masyarakat Jawa Barat.

Kesimpulanya bahwa responden memiliki kesadaran sejarah, Kemampuan analisis sejarah ada tetapi dalam tingkat yang masih rendah, Partisipasi kesejarahan masih rendah dan pengetahuan sejarah yang diperoleh berasal dari sekolah.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Sejarah
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 23 Aug 2019 05:44
Last Modified: 23 Aug 2019 05:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/14519

Actions (login required)

View Item View Item