Rustam, Rustam (2015) Kontraks Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Program Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21 (3).

[img]
Preview
Text
Perpustakaan.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menentukan konstrak keterampilan mengajar

mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan

adalah metode Survei. Sampel penelitian diambil melalui teknik proportionale random

sampling sebesar 640 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka

yang mengajar di kelas nyata di sekolah dasar. Pengumpulan data menggunakan metode

observasi. Data dianalisis menggunakan aplikasi Analisis Faktor Konfirmatori (AFK). Hasil

penelitian ini menunjukkan bahwa konstrak keterampilan mengajar dibentuk oleh

perencanaan pembelajaran, mengelola kegiatan pembelajaran, mengelola iklim kelas,

mendemonstrasikan penguasaan materi pembelajaran, melakukan asesmen, dan

melakukan refleksi. Kajian ini menyimpulkan bahwa keenam faktor tersebut secara empiris

terbukti akurat, konsisten dan memiliki ketepatan dalam mengukur konstrak keterampilan

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:57
Last Modified: 19 Jan 2017 01:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item