Industri tembikar kasongan

Wangania, Jopie (1981) Industri tembikar kasongan. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Industri tembikar kasongan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24MB)

Abstract

Industri tembikar Kasongan adalah usaha kerajinan rakyat yang tidak dapat disamakan dengan industri keramik yang sudah lebih maju pengetahuan dalam hal pengolahan bahan baku, resep campuran bahan kaolin, campuran bahan glasur dan teknik pembakaran dengan suhu tinggi. Oleh sebab itu, barang-barang tembikar buatan Kasongan teknik pembuatannya masih sangat rendah dan mudah pecah jika dibandingkan dengan barang-barang pecah-belah dari keramik.
Industri rakyat ini akan dapat bertahan selama nilai budaya, cita rasa dan selera masyarakat belum bergeser dan berpaling kepada barang-barang produk massal mekanik seperti plastik, dan aluminium.
Selama cita rasa masyarakat masih menganggap bahwa sayur gudeg dan nasi liwet paling pantas dimasak dalam kwali dan kendil, selama itu pula barang gerabah Kasongan tidak akan khawatir kehilangan pasaran dan lapangan kerja bagi sebahagian besar penduduk Kasongan. Dalam usaha pengem bangan tern bikar bercorak seni untuk konsumsi wisatawan dalam maupun luar negeri, maka perlu sekali ditingkatkan mutu karya seni itu, baik dari segi teknik pengolahan dan pem bakaran, juga tidak kalah penting adalah disain karya seni yang khas kebudayaan setempat, dan tidak latah meniru bentuk-bentuk yang sudah umum terdapat di mana-mana. Motif-motif khas kebudayaan Jawa perlu digali kembali dan didokumentasi, kemudian disebarluaskan kepada para pengrajin gerabah, agar tema-tema budaya setempat diwujudkan dalam bentuk tembikar seni .

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 03 Oct 2019 05:28
Last Modified: 03 Oct 2019 05:28
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item