Upacara tradisional yang berkaitan dengan peristiwa alam dan kepercayaan daerah Jambi

Saib, Amin and Ekawarna, Ekawarna (1985) Upacara tradisional yang berkaitan dengan peristiwa alam dan kepercayaan daerah Jambi. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
UPACARA TRADISIONAL YANG BERKAITAN DENGAN PERISTIWA ALAM DAN KEPERCAYAAN DAERAH JAMBI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (52MB)

Abstract

Tujuan inventarisasi dan dokumentasi ini adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan secara jelas dan lengkap segala sesuatu tentang upacara tradisional dalam kaitannya dengan peristiwa alam dan kepercayaan di daerah Jambi. Upacara Tradisional ini belum begitu banyak diketahui, sehingga dengan terungkapnya kelak akan dapat dimanfaatkan oleh siapa saja,terutama yang penting dapat diinventarisasi dan didokumentasikan oleh pemerintah. Jika hal ini terlambat dilakukan, maka kekhawatiran akan lenyapnya barang yang sangat berharga dan vital ini tidak dapat dihindari dan diatasi. Kekhawatiran ini memang masuk. akal dan beralasan, mengingat kecenderungan hilangnya para informan sebagai manusia sumber data. Di samping itu
perubahan-perubahan nilai akibat perkembangan tata pergaulan modern yang bersifat rasional melanda pula kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Pada hakekatnya tidak ada kebudayaan yang bersifat statis, cepat atau lambat pasti akan mengalami perubahan baik uisebabkan oleh faktor-faktor luar maupun oleh faktor-faktor dari dalam masyarakat itu sendiri.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:41
Last Modified: 20 Sep 2019 04:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13413

Actions (login required)

View Item View Item