Hasil penelitian organisasi kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa propinsi Sumatera Utara II

Tanjung, Zuraida and Daulay, Fachruddin and Chatib, Nazief and Ritonga, Farida Hanum and Simanjuntak, B. and Simanjuntak, Darwisman (1990) Hasil penelitian organisasi kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa propinsi Sumatera Utara II. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
HASIL PENELITIAN ORGANISASI KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA PROPINSI SUMATERA UTARA II.pdf

Download (46MB)

Abstract

Sejauh pengamatan yang telah dilakukan terhadap organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang ada di Propinsi Sumatera Utara masih belum banyak data dan informasi yang diperoleh yang dapat mengungkapkan eksitansi dan identitas kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tetapi dengan mengungkapkan keberadaan organisasi, ajarannya, makna dari acara-acara ritual dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, seperti yang dilakukan dalam penelitian ini, data dan informasi tentang kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa lebih banyak dapat terungkap. Sehingga hal tersebut dapat mengungkapkan eksistensi dan identitas kepercyaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, letaknya di daerah Sumatra Utara.
Adapun Organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan
Yang Maha Esa yang diteliti yaitu Organisasi Penghayat
Habonaron Do Bona, Pambi/Pabbi, Pemena, Purwo Madio
Wasono dan Galih Puji Rahayu. Habonaron Do Bona, mayoritas penghayatnya terdiri dari Masyarakat Simalungun,Pambi/Pabbi mayoritas Batak Toba dan Pemena mayoritas masyarakat Karo, sedangkan Purwo Madio Wasono dan Galih Puji Rahayu mayoritas pendukungnya masyarakat Jawa. Penelitian dilakukan di Kotamadya Medan: Kabupaten Deli Serdang: Delitua, Lubuk Pakam, Tanjung Morawa, Gunung Meriah dan Kabupaten Tapanuli Utara: Huta Gurgur Sigaol, Laguboti, Aek Natas, Porsea, Huta Tinggi, Simarpinggan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:48
Last Modified: 20 Sep 2019 03:48
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13403

Actions (login required)

View Item View Item