Upacara tradisional yang berkaitan dengan peristiwa alam dan kepercayaan daerah Sumatera Barat

Boestami, Boestami and Anwar, Zaiful and Delly, H.S.M. and Perpatih, Alimunir Dt. and Dini, Amir (1985) Upacara tradisional yang berkaitan dengan peristiwa alam dan kepercayaan daerah Sumatera Barat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
UPACARA TRADISIONAL BERKAITAN DENGAN PERISTIWA ALAM DAERAH SUMATERA BARAT.pdf

Download (83MB)

Abstract

Ruang lingkup kegiatan inventarisasinya dibatasi pada upacara tradisional yang berkaitan dengan peristiwa alam dan kepercayaan di Sumatera Barat. Di kalangan para petani penyelenggaraan upacara biasanya dikaitkan dengan masalah kesuburan. Diharapkan setelah mengadakan upacara hasil panennya akan berlimpah. Demikian pula di kalangan para nelayan penyelenggaraan upacara bertujuan untuk memperoleh basil laut sebanyak mungkin. Di samping itu ada pula dilakukan upacara untuk menolak berbagai wabah penyakit, dan bencana lainnya seperti gangguan binatang buas. Pada umumnya mereka mengenal kepercayaan pada kekuatan gaib di luar kekuasaan manusia yang bersifat supra natural yang dapat menentukan nasib manusia, dapat menimbulkan malapetaka tapi juga dapat menjamin kesejahteraa.n hidup manusia.
Selain upacara yang berkaitan dengan kesuburan tanah, hasil
laut dan menolak segala macam bencana, ada pula yang berkaitan dengan peristiwa alam lainnya, misalnya berkenaan dengan terjadinya kemarau panjang atau turunnya curah hujan berkepanjangan yang mengakibatkan terjadinya banjir. Dalam kepercayaan masyarakat tradisional malapetaka yang timbul dari alam itu bisa diredakan dengan menyelenggarakan upacara. Roh-roh penguasa alam itu dalam kepercayaan masyarakat bisa dibujuk dengan saji-sajian yang dihidangkan dalam upacara, dan dimohon agar tidak membuat bencana dan sebaliknya mau menjaga keselamatan umat manusia.
Penyelenggaraan upacara itu perlu dideskripsikan sejak persiapannya sampai selesai. Selain itu perlu juga dicatat hal-hal yang berkaitan dengan upacara tersebut, misalnya penggunaan simbol-simbol dan maknanya menurut interprestasi pendukung upacara. Juga perlu dicatat pantangan dan berbagai persyaratan yang harus dipatuhi dan dipenuhi oleh penyelenggara menurut tradisi setempat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 31 Aug 2019 14:10
Last Modified: 31 Aug 2019 14:10
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item