Isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional menurut tujuan, fungsi dan kegunaan suku Batak Toba, daerah Tapanuli Utara Sumatera Utara

Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional (1990) Isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional menurut tujuan, fungsi dan kegunaan suku Batak Toba, daerah Tapanuli Utara Sumatera Utara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional menurut tujuan fungsi dan kegunaan suku batka toba daerah tapanuli utara sumut.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian isi dan kelengkapan Rumah Tangga Tradisional menurut tujuan, fungsi dan kegunaan dimaksud untuk merekam benda-benda pokok apa dan benda-benda kelengkapan apa saja yang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga tradisional suku Batak Toba di Desa Lumban Gaol dan Desa Huta Dame (Pandumaan), Kecamatan Balige Kabupaten Tapanuli Utara. Juga mengungkapkan sampai sejauh mana sikap konsumtif setiap individu, terhadap isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional yang mereka miliki.
Data tersebut diperlukan sebagai bahan perencanaan kebijakan pengembangan dan pembinaan kebu dayaan nasional sekaligus ditujukan pada usaha pelestarian nilai-nilai dan gagasan yang selama ini tumbuh dan berkembang di desa tersebut. Nilai-nilai dan gagasan tersebut dikenalkan kembali pada masyarakat khususnya generasi muda agar ada pedomannya karena belum berkembangnya kebudayaan nasional secara sempurna, sedang pengaruh kebudayaan asing semakin deras arusnya akibat perkembangan sains dan teknologi modern.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 03 Jun 2019 00:02
Last Modified: 03 Jun 2019 00:02
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item