Isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional daerah Riau

Sabrun, Amrin and Jamil, O.K. Nizami and Effendi, Tenas and Seniman, Seniman and Amanriza, Ediruslan Pe (1986) Isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional daerah Riau. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional daerah riau.pdf

Download (38MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan dan menyusun bahan tentang benda-benda isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional yang terdapat dalam masyarakat pada desa yang terpencil dan desa yang dekat ke kota.
Penduduk Riau yang sebagian besar adalah suku Melayu,
tersebar di seluruh pelosok Daerah_Riau. Karena luasnya daerah Riau, baik ditinjau dari sudut geogfafis maupun dari segi wilayah budayanya, maka penelitian ini dibatasi pada dua desa dalam satu Kecamatan dan satu Kabupaten.
Dua desa yang dipilih mempunyai latar belakang yang sama, mata pencaharian pokok yang sama, tetapi memiliki perbedaan dalam perkembangannya. Kedua desa itu adalah Desa Betung dan Desa Kemang. Penduduk kedua desa contoh ini adalah suku Melayu, dengan beberapa pesukuan kecil menurut adat setempat. Mereka memiliki adat dan pola kehidupan yang sama dengan suku Melayu lainnya di Riau, dengan mata pencaharian pokok adalah berladang padi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 02 Jun 2019 23:57
Last Modified: 02 Jun 2019 23:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item