Peralatan hiburan dan kesenian tradisional daerah Sumatera Selatan

Saleh, Abdullah (1987) Peralatan hiburan dan kesenian tradisional daerah Sumatera Selatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
PERALATAN HIBURAN DAN KESENIAN TRADISIONAL DAERAH SUMSEL.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penulisan tentang peralatan hiburan dan kesenian tradisional ini merupakan usaha untuk melestarikan, membina dan mengembangkan Kebudayaan Nasional, serta membina kesatuan dan memperkuat kepribadian Bangsa. Adapun tujuan khusus dari Inventarisasi dan Dokumentasi Peralatan Hiburan dan Kesenian Tradisional Daerah Sumatera Selatan adalah untuk menjaring informasi sejelas-jelasnya melalui penelitian lapangan. Hasil inventarisasi dan dokumentasi ini akan merupakan data yang dapat dipakai sebagai sumber informasi untuk kepentingan pembinaan dan pengembangan kebudayaan, untuk kepentingan penelitian, untuk kepentingan bidang kepariwisataan dan lain sebagainya.
Ruang lingkup penulisan ini adalah propinsi Sumatera Selatan dengan kelompok etnis seperti: Orang-orang Palembang Kota, Orang Palembang, Musi Ulu, Komering, Ogan Pasemah dan Abung. Di Pulau Bangka dan Belitung yang juga termasuk Propinsi ini berdiam suku-suku Rom, Orang Darat dan Orang Biliton. Dalam pelaksanaannya diusahakan agar kedua bentuk peralatan tersebut dapat diinventarisasikan. Kali ini telah dapat dihimpun 5 jenis peralatan yaitu: Bidar-Peralatan Olah Raga Tradisional, Tanggai dan Tepak-peralatan tari tradisional, Kuda Dulmuluk dan ayakan-peralatan teater tradisional.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 02 Jun 2019 23:00
Last Modified: 02 Jun 2019 23:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13044

Actions (login required)

View Item View Item