Perajin tradisional di daerah Propinsi Sulawesi Selatan

Hafid, M. Yunus and Aminah, Aminah and Rasyid, Darwas and Zainal, Zulvia and Faisal, Faisal (1992) Perajin tradisional di daerah Propinsi Sulawesi Selatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Pengrajin tradisional di daerah propinsi sulawesi selatan.pdf

Download (53MB)

Abstract

Tujuan perekaman ini pertama-tama adalah mendeskripsikan keberadaan berbagai perajin dan kerajinan tradisional pada berbagai kelompok masyarakat di Indonesia. Tujuan berikutnya adalah mengungkapkan ciri-ciri perajin dan kerajinan tradisional di Sulawesi Selatan untuk menemukan kaitannya dengan pembangunan sosial ekonomi dan budaya pada umumnya.
Ruang lingkup perekaman tertulis ini adalah kerajinan tradisional di daerah Sulawesi Selatan. Aspek yang akan diungkapkan pada masing-masing kerajinan tradisional tersebut adalah perolehan bahan, teknologi dan peralatannya, modal dan tenaga kerja, produksi, distribusi, fungsi dan peranan sosial, ekonomi dan budaya hasil kerajinan tradisional baik bagi perajin maupun bagi konsumen. Lokasi cakupan yang menjadi sasaran perekaman ini adalah,
pertama, pengrajin tenun sutera di Kelurahan Sompe, Kabupaten Wajo , kedua, perajin keramik tanah liat di Kelurahan Pattallasang, Kabupaten Takalar, ketiga, perajin ukiran kayu di Kelurahan Tikunna Melenong, Kabupaten Tanah Toraja, dan keempat, perajin pandai besi di Desa Massepe , Kabupaten Sidrap (Peta I).

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Sejarah
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 11 May 2019 09:11
Last Modified: 11 May 2019 09:11
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12858

Actions (login required)

View Item View Item