Pengrajin tradisional daerah Sumatera Barat

Anwar, Zaiful and Delly, H.S.M. and Wahyuningsih, Wahyuningsih (1991) Pengrajin tradisional daerah Sumatera Barat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Pengrajin tradisional di daerah sumatera barat.pdf

Download (47MB)

Abstract

Tujuan perekaman ini pertama-tama adalah mendeskripsikan
keberadaan pengrajin dan kerajinan tra disional di daerah Sumatera Barat. Tujuan berikutnya adalah mengungkapkan ciri-ciri pengrajin dan kerajinan tradisional di Propinsi Sumatera Barat untuk mengetahui potensinya dalam memasuki kegiatan pembangunan nasional, ekonomi dan budaya di Propinsi Sumatera Barat. Ruang lingkup perekaman tertulis ini adalah karajinan tradisional lokal yang menggunakan berbagai macam bahan dan menghasilkan beraneka macam barang yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari baik bagi para pengrajin sendiri maupun bagi masyarakat umumnya. Fungsi itu dapat bersifat ekonomi, sosial , maupun budaya . Berdasarkan telusuran studi kepustakaan dan infomasi dari pejabat, maka jenis kerajinan yang akan direkam adalah kerajinan ukiran kayu, terompah kayu, bakul, sapu ijuk, anyaman tikar, senggau, kebah kelut, sandal kulit, kopiah, gerabah, lumpang
baru, besi, loyang, perak, tenun dan sulaman. Aspek yang akan diungkapkan pada masing-masing jenis kerajinan tradisional itu adalah pengadaan bahan dan pengolahannya sehingga menjadi barang yang berfungsi dalam kehidupan sosial, ekonomi atau budaya pengrajin dan keluarganya serta masyarakat pada umumnya. Aspek lain yang juga dikaji adalah organisasi kerja serta teknologi yang digunakan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Sejarah
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 11 May 2019 09:31
Last Modified: 11 May 2019 09:31
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item View Item