Peranan pasar pada masyarakat pedesaan daerah Bengkulu

Ikram, Muhammad and Bais, Zainuddin and Awaluddin, Awaluddin (1990) Peranan pasar pada masyarakat pedesaan daerah Bengkulu. Direktorat sejarah dan nilai tradisional, Jakarta.

[img] Text
PERANAN PASAR PADA MASYARAKAT PEDESAAN DAERHA BENGKULU.pdf

Download (60MB)

Abstract

Sejak dahulu hingga sekarang pasar memegang peranan yang
amat penting terutama pada masyarakat pedesaan. Pasar bagi
masyarakat pedesaan bukan saja sebagai pintu gerbang yang menghubungkan masyarakat tersebut dengan dunia Iuar, yang memperkenalkan berbagai alternatif kebudayaan dan akan memberi perobahan-perobahan bagi kehidupan masyarakat desa, tetapi pasar juga berfungsi sebagai senteral dari masyarakat pedesaan yang berada disekitarnya, untuk saling berinteraksi serta memberi dan menerima informasi.
Sebagai sentral, pasar dengan segala perangkat yang ada didalamnya dapat pula menjadi panutan bagi masyarakat di sekitarnya, dalam arti pasar bukan saja berperan sebagai pusat ekonomi tetapi juga sebagai pusat kebudayaan. Sehubungan dengan itu akan menjadi penelitian bagi kita seberapa jauh peranan dan pengaruh pasar terhadap kehidupan masyarakat desa serta perobahan-perobahan yang tetjadi dan dialaminya. Selanjutnya dari perobahan-perobahan itu apakah ada yang menimbulkan kesenjangan-kesenjangan baik di bidang sosial ekonomi maupun sosial budaya pada masyarakat pedesaan tersebut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 04 May 2019 11:55
Last Modified: 04 May 2019 11:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item