Pakaian adat tradisional daerah propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Abdurrachman, Abdurrachman and Suhardini, Suhardini and Herawaty, Etty and Priady, Budi (1995) Pakaian adat tradisional daerah propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta.

[img] Text
PAKAIAN ADAT TRADISIONAL DAERAH PROPINSI DKI JAKARTA.pdf

Download (31MB)

Abstract

Ruang lingkup obyek pene litian mengenai pakaian adat tradisional pada masyarakat kaum Betawi di DKI Jakarta, yaitu pakaian yang sudah dipakai secara turun temurun yang merupakan salah satu identitas clan dapat dibanggakan oleh sebagian besar pendukung kebuclayaan tersebut.
Sehubungan dengan itu, fokus penelitian terbatas pada suku bangsa pcnduduk Jakarta asli "Orang Betawi" sebagai pendukung kebudayaannya. berdasarkan atas lingkungan geografis tempat tinggal atau pemukiman merekad di daerah kota (masyarakat kota) dan sebagai pelengkap daerah pinggiran kota (masyarakat desa). Pengambilan lokasi tcrsebut bcrdasarkan atas asumsi, bahwa masyarakat kota dalam mengenakan pakaian/busana, perhiasan dan kelengkapannya serta unsur-unsur lain akan menjadi lebih kompleks bila dibandingkan dcngan masyarakat desa. Hal ini didasarkan atas faktor-faktor sosial ekonomi dan budayanya di antara strata sosial masyarakat tersebut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Pakaian Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 04 May 2019 12:50
Last Modified: 04 May 2019 12:50
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item View Item