Ensambel musik anak alternatif pembelajaran musik di Sd Plus Aisyiyah 1 Nanggalo Padang

Alhusna, Mutiara (2014) Ensambel musik anak alternatif pembelajaran musik di Sd Plus Aisyiyah 1 Nanggalo Padang. Suluah, Vol. 15 No. 19, Desember 2014, 15 (19). pp. 1-8. ISSN 1412-1689

[img] Text
1. Mutiara Al Husna.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana dan prasarana bermusik yang tersedia di sekolah, terutama pada tingkatan sekolah Dasar (SD) sehingga mengakibatkan beberapa sekolah masih ada yang belum melaksanakan pendidikan musik. Padahal dengan melaksanakan pendidikan musik dapat mengoptimalkan tumbuh kembang kecerdasan anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar optimalnya tumbuh kembang kecerdasan anak adalah dengan melaksanakan pembelajaran ensambel musik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat 1) guna mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran ensambel musik di SD Plus Aisyiyah 1 Nanggalo Padang. 2) Apa manfaat penerapan ensambel musik anak terhadap perkembangan kecerdasan siswa SD Plus Aisyiyah 1 Nanggalo Padang?
Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, populasi penelitian adalah siswa kelas II SD Pllus Aisyiyah 1 nanggalo Padang tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini, siswa membawakan tiga buah lagu yang disajikan dengan ensambel musik.
Berdasarkan hasil analisis data observasi langsung, dapat dilihat adanya peningkatan perkembangan siswa setelah mendapat pembelajaran dengan menggunakan ensambel musik. Peningkatan perkembangan siswa terlihat pada beberapa kali pertemuan, dari siswa yang sama sekali tidak mengetahui musik sampai pada akhirnya mereka mampu membawakan tiga lagu dengan baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa meskipun tidak adanya alat-alat musik yang tersedia di sekolah. Namun, pendidikan musik akan dapat terlaksana asalkan ada guru-guru yang mampu di bidang musik, meskipun alat musik yang di gunakan berupa benda-benda yang terdapat di lingkungan sekolah maupun sehari-hari.
Kata Kunci : Ensambel, kecerdasan, anak SD, nanggalo

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 31 May 2019 11:20
Last Modified: 31 May 2019 11:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item