Hardian Radjab dan karyanya: maestro dalam bidang kebudayaan di Provinsi Sumatera Barat

Undri, Undri and Haris, Abrar (2013) Hardian Radjab dan karyanya: maestro dalam bidang kebudayaan di Provinsi Sumatera Barat. Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, Padang. ISBN 978-60208742-58-0

[img] Text
hardian rajab.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu biografi pelaku sejarah, dalam hal ini tokoh seni yang belum terungkap sampai saat sekarang ini dan belum terpublikasikan adalah mengenai biografi Hardian Radjab dengan karyanya. Hardian Radjab sendiri dilahirkan tanggal 11 November 1958 di tepi Danau Maninjau, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Ayahnya bernama Radjab Ayub dan Ibunya Rosmaniar. Sampai beliau meninggal telah menghasilkan karya seperti Skenario Putri Karang Putih, sebuah skenario film kerjasama dengan PT Semen Padang. Skenario tersebut menceritakan tentang sejarah PT Semen Padang di Indarung, Padang, Simaco, sebuah skenario sandiwara anak-anak untuk Televisi. Skenario ini dibuat oleh Hardian Radjab selesai tanggal 1 Juni 1993, Skenario Munah Kayo, Denyut, Inspektur, Kinantan Ayam Jantan, Bulan Urat Tabuik, Sorong Patah Siku, Siti Manggopoh dan lainnya.
Berdasarkan fakta diatas, maka sepatutnya ditulis biografi Hardian Radjab dengan karyanya yang memiliki pengalaman yang sangat berharga. Pengalaman tersebut sejogyanya ditulis, untuk dipahami, dipelajari, serta dapat terpublikasikan dan diketahui oleh generasi muda atau penerus. Sebab tokoh seni Hardian Radjab memiliki pengalaman tidak sampai direkam ingatannya akan membuat kita nanti kehilangan jejak sejarahnya.
Untuk itulah perlu terobosan untuk memunculkan kepermukaan, sehingga diketahui oleh masyarakat banyak. Khususnya bagi sejarawan sendiri, tentu kondisi tersebut masih merupakan lahan yang luas untuk dikaji, khususnya kajian sejarah. Atas dasar pemikiran diatas maka penelitian biografi Hardian Radjab dengan karyanya. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan, dan penelitian ini diberi judul : Biografi Hardian Radjab dan Hasil Karyanya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 31 May 2019 11:18
Last Modified: 31 May 2019 11:18
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item View Item