A. Alin De dan karyanya: maestro dalam bidang kebudayaan di Provinsi Sumatera Barat

Hasanadi, Hasanadi and Ernatip, Ernatip (2013) A. Alin De dan karyanya: maestro dalam bidang kebudayaan di Provinsi Sumatera Barat. Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, Padang. ISBN 978-02-8742-57-3

[img] Text
Alin De.pdf

Download (1MB)

Abstract

A. Lin De ternyata bukanlah sekedar seorang seniman teater sebagaimana dikenal dikalangan seniman dan sastrawan Sumatera Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sebagaimana diungkapkan Ibu Erlina Ernawati, basic keilmuan A. Lin De adalah seni rupa. Dia adalah seorang pelukis ternama yang banyak melahirkan lukisan serta dikenal luas hingga ke luar Sumatera barat. A. Alin De adalah seorang tokoh besar yang telah memberikan banyak kontribusi ide serta pemikiran untuk dilakukannya berbagai perbaikan dan perubahan dalam konteks kehidupan sosial budaya masyarakat Sumatera Barat, bahkan setelah dipanggil oleh Sang Pencipta. A. Lin De dekat dengan banyak kalangan masyarakat di Sumatera Barat, mulai dari lapisan akar rumput, pengusaha sukses bahkan kalangan pejabat daerah. Melalui kedekatan tersebut A. Alin De terus menebar firus perubahan dan perbaikan melalui pikiran-pikiran bernas yang dia sampaikan. A. Ali De mampu berpikir jauh ke depan, melampaui sekat-sekat sosial budaya yang tengah mengemuka, bahkan lintas generasi, sehingga pernak-pernik perenungannya tetap relevan hingga konteks kekinian.
Di masa hidupnya A. Alin De adalah guru bagi para anak-anak asuhnya di Sanggar Teater Dayung Dayung dan banyak seniman muda Sumatera Barat. Banyak seniman muda yang kemudian tumbuh besar setalah mendapat asuhan dan arahan dari A. Alin De, bahkan tidak hanya di Sumatera Barat. Dia juga seorang suami dan bapak bagi ketiga anak-anaknya, Gondan Gerhana, Yudistira dan Milanda (alm). Kepemimpinannya dalam keluarga telah banyak memberikan warna bagi pembentukan karakter hidup dan kehidupan mereka di masa depan, meskipun dengan masa kepemimpinan yang mesti berakhir karena kepergiannya ke haribaan Sang Pencipta.
Banyak karya besar yang lahir dari seniman teater A. Alin De. Dia adalah pencipta dan sutradara terkenal bahkan tidak hanya untuk karya yang ditulisnya sendiri. Hasil kreatifitas kepenulisan dan garapan A. Alin De sebagai seorang sutradara kemudian singgah secara apik dan menggugah pada banyak pementasan yang diadakan, tidak hanya di Sumatera Barat, namun juga pada berbagai kota besar lainnya di Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 31 May 2019 11:17
Last Modified: 31 May 2019 11:17
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item