Tinjauan kembali rekonstruksi Candi Borobudur

Ismijono, Ismijono and Mulyono, Mulyono and Sumedi, Bambang and Kasatriyanto, Bambang (2013) Tinjauan kembali rekonstruksi Candi Borobudur. Balai Konservasi Borobudur, Magelang. ISBN 978-602-17306-2-1

[img] Text
Tinjauan Kembali Rekonstruksi Candi Borobudur.pdf

Download (28MB)

Abstract

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan dunia{world heritage)yang dimiliki Indonesia. Candi ini terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur telah dua kali menangalami pemugaran, yang pertama dilakukan pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, yang dipimpin oleh Theodore van Erp pada tahun 1907 - 1911, dan selanjutnya disebut dengan Pemugaran I. Pemugaran kedua dilakukan oleh Pemerintah Republik lndenesia dibantu oleh UNESCO pada tahun 1973 -1983 melalui Proyek Pengembangan Kebudayaan Nasional, yang selanjutnya disebut dengan Pemugaran II.
Dalam periode pemugaran I, kegiatannya antara lain memperbaiki dinding candi yang miring dan melesak, menata dan memperbaiki kerusakan susunan batu pagar langkan di bagian Rupadhatu, serta memperbaiki secara total kerusakan susunan batu teras bundar dan stupa induk di bagian Arupadhatu. Dalam periode pemugaran II, kegiatannya antara lain memperbaiki, memperkuat, serta merawat susunan batu di bagian Rupadhatu melalui proses pembongkaran total dinding lorong 1 s.d 4, kemudian direkonstruksi dan dikembalikan pada tempat yang semestinya. Dalam pemugaran II ini susunan batu di bagian Arupadhatu dan Kamadhatu tidak dipugar, karena strukturnya dianggap masih dalam keadaan baik dan relatif stabil.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Candi
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 27 May 2019 13:47
Last Modified: 27 May 2019 13:47
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item