Tingkat kesadaran sejarah siswa SMTA dan masyarakat di Kotamadya Yogyakarta

Tashadi, Tashadi and Harnoko, Darto and Suhatno, Suhatno (1986) Tingkat kesadaran sejarah siswa SMTA dan masyarakat di Kotamadya Yogyakarta. Direktorat sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img] Text
Tingkat Kesadaran Sejarah Siswa SMTA dan Masyarakat di Kotamadya Yogyakarta.pdf

Download (29MB)

Abstract

Menurut pedoman penelitian tingkat kesadaran sejarah untuk SMTA dan masyarakat, maka dalam kesimpulan berisi uraian tentang evaluasi sejarah, analisis sejarah, partisipasi sejarah, dan saran-saran pembinaan sejarah. Evaluasi sejarah dapat diartikan sebagai kesanggupan untuk memahami adanya dimensi waktu untuk segala sesuatu, dalam arti kesinambungan dan perubahan-perubahannya;oleh karena itu kesadaran sejarah Indonesia ialah bahwa bangsa Indonesia mempunyai kesadaran masa lalu, masa kini dan masa depan. Seseorang disebut mempunyai kesadaran sejarah kalau ia, dapat menghubungkan lingkungan sejarahnya sejak masa lampau sampai masa kini sebagai kelanjutan. Selanjutnya pengertian analisis sejarah yaitu kemampuan seseorang untuk menghubungkan peristiwa masa kini kepada akarnya di masa lalu, sehingga ia mampu melihat hubungan sebab-akibat, kemiripan, dan kelanjutan suatu peristiwa

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 27 May 2019 13:33
Last Modified: 27 May 2019 13:33
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item