Tingkat kesadaran sejarah siswa SMTA dan masyarakat di kota Banda Aceh

Sufi, Rusdi and Hasyim, Semaun and Ibrahim, Muchtaruddin (1986) Tingkat kesadaran sejarah siswa SMTA dan masyarakat di kota Banda Aceh. Direktorat Jendral Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Tingkat Kesadaran Sejarah Siswa SMTA dan Masyarakat di Kota Banda Aceh.pdf

Download (13MB)

Abstract

Maksud dilakukannya penelitian ini ialah untuk menemukan gejala-gejala kesadaran sejarah yang meliputi kesadaran tentang evolusi sejarah, analisa sejarah dan partisipasi sejarah dari siswa-siswa SMTA dan masyarakat di Kotamadya Banda Aceh. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: Yang menyangkut kesadaran evolusi sejarah Sebagian besar siswa SMTA yang diteliti ternyata belum mempunyai kesanggupan untuk memahami adanya dimensi waktu dan tidak menyadari adanya suatu kontinuitas serta perubahan-perubahan dalam kehidupannya. Dengan kata lain, mereka belum dapat menghubungkan lingkungan sejarahnya dengan masa kini sebagai suatu kelanjutan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sebagian para responden ini ada kecenderungan kepada apa yang disebut "antikuarianisme" dalam sejarah; yaitu melihat masa lalu sebagai gejala yang bermakna tetapi tidak dapat mengkaitkan dengan makna masa kini. Se baliknya para informan(dalam hal ini masyarakat) ada kecenderungan ataupun
berkesanggupan untuk memahami adanya dimensi waktu untuk segala sesuatu, dalam arti kesinambungan dan perubahan-perubahannya. Mereka dapat dikatakan mempunyai kesadaran masa Ialu, masa kini dan masa yang akan datang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 27 May 2019 13:45
Last Modified: 27 May 2019 13:45
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item