Pengendalian sosial tradisional di daerah Jawa Barat

Suhandi Shm, A. and Rukhyaman, Maman and Fallah, Anwar and Yaso, Agus and Permadi, Dadi and Gyawarman, Boy (1991) Pengendalian sosial tradisional di daerah Jawa Barat. Direktorat Jendral Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

[img] Text
Pengendalian Sosial Tradisional di Daerah Jawa Barat.pdf

Download (50MB)

Abstract

Berdasarkan uraian-uraian dalam bab-bab terdahulu yang berisi gambaran pola kehidupan masyarakat Desa Karangpaningal yang dijadikan sasaran penelitian ini dapat dikemukakan secara umum bahwa sistem pengendalian sosial yang ber1aku pada masyarakat yang bersangkutan baik dari ciri-ciri maupun dari bentuknya atau wujudnya tergolong ke da1am sistem pengendalian sosial tradisional. Norma-norma adat, kebiasaan, dan agama memiliki intensitas dan kekuatan yang sama sebagai pedoman pengendalian sosial masyarakat Desa Karangpaningal dalam melangsungkan kehidupan secara keseluruhan. Walaupun ada norma-norma hukum melalui jalur 1embaga pemerintahan desa, namun be1um tampak peranannya dalam sistem pengendalian masyarakat, disebabkan oleh beberapa hal. Yang jelas dalam hal ini seringkali aparat pemerintah desa dalam menghadapi kasus-kasus pelanggaran ikut larut ke dalam cara-cara pengendalian sosial yang berlaku dalam adat kebiasaan masyarakat, walaupun pelanggaran itu merupakan pelanggaran hukum. Selain itu dapat dikemukakan bahwa tampaknya masyarakat belum memiliki kemampuan dan keberanian baik moril maupun materiil untuk mencapai dan memperoleh keadilan melalui lembaga-lembaga atau aparat penegak hukum.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 27 May 2019 11:55
Last Modified: 27 May 2019 11:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item