Pemanfaatan sumber daya alam dan pemenuhan kebutuhan pangan pada masyarakat kampung Dukuh Jawa Barat

Adonis, Tito and Wahyuningsih, Wahyuningsih and S, Heliswany (1995) Pemanfaatan sumber daya alam dan pemenuhan kebutuhan pangan pada masyarakat kampung Dukuh Jawa Barat. Direktorat Jendral Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

[img] Text
Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Pemenuhan Kebutuhan Pangan Pada Masyarakat Kampung Dukuh Jawa Barat.pdf

Download (32MB)

Abstract

Pola perkampungan pada masyarakat Kampung Dukuh pada hakekatnya dapat dikategorikan menjadi empat bagian. Bagian pertama adalah kompleks pemakaman suci atau menurut istilah mereka Makom Karomah. Kompleks pemakaman ini letaknya paling tinggi di antara bagian-bagian yang lainnya. Di bagian yang lebih tinggi lagi adalah hutan keramat tempat tinggal roh-roh dan nenek moyang mereka. Bagian kedua adalah kampung inti, yaitu tempat di mana penduduk yang masih dianggap suci atau murni menetap. Mereka adalah keturunan para pendiri Kampung Dukuh. Bagian ketiga adalah luar, yaitu perluasan
wilayah kampung inti yang penduduknya merupakan percampuran antara orang asli dengan pendatang. Bagian keempat adalah awisan, yaitu kampung-kampung yang dulunya adalah tanah kosong tetapi kemudian atas izin Sesepuh Pakuncen tanah kosong itu dapat dihuni oleh penduduk luar.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 27 May 2019 11:20
Last Modified: 27 May 2019 11:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12337

Actions (login required)

View Item View Item