Bunga rampai Sumatera Barat, Bengkulu, dan Sumatera Selatan: masyarakat dan budaya

Arios, Rois Leonard and Tarmizi, Ajalon and Hariadi, Hariadi and Ernatip, Ernatip and Devi, Silvia and Syah, Eriic and Yondri, Yondri (2017) Bunga rampai Sumatera Barat, Bengkulu, dan Sumatera Selatan: masyarakat dan budaya. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Padang. ISBN 978-602-6554-10-9

[img] Text
Campur bunga rampai.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran lembaga ini merupakan jawaban atas kondisi masyarakat Indonesia yang dihadapkan pada perubahan tata hubungan antarbangsa (baca: globalisasi) yang semakin terbuka dan bebas, sehingga mendorong perubahan tatanan kehidupan yang terdapat di dalam masyarakat. Arus informasi yang semakin meningkat dan tidak dapat dibendung mengancam kelestarian budaya masyarakat di Indonesia. Diperkuat dengan terjadinya perubahan mendasar ditataran global dalam bidang politik dan ekonomi yang berakibat timbulnya berbagai krisis dalam aspek nilai, etika, dan moral. Kedua hal ini menciptakan perubahan cara pandang masyarakat Indonesia dalam berinteraksi yang memicu terjadinya krisis budaya dalam masyarakat. Oleh karena itu, upaya memperkuat ketahanan budaya menjadi tugas amat penting dalam kerangka pembangunan sejarah dan kebudayaan di Indonesia.
Pembangunan sejarah dan budaya itu sendiri penuh dinamika dan proses yang unik pada setiap daerah. Nukilan dinamika dan proses tersebut diulas lebih lanjut lewat buku ini. Buku yang berisi beberapa karya yakni Kesenian Gamat: Identitas Budaya Masyarakat Melayu di Pesisir Kota Bengkulu oleh Rois Leonard Arios dan Ajolan Tarmizi, Tradisi Keislaman Pada Masyarakat Muslim di Desa Tunggang Kabupaten Mukomuko Propinsi Bengkulu oleh Hariadi, Fungsi Dendang Dalam Upacara Perkawinan di Nagari Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat oleh Ernatip, Pekarangan Rumah Gadang Minangkabau oleh Silvia Devi, dan Botatah : Tradisi Turun Tanah Anak di Lansek Kadok, Kecamatan Rao selatan, Kabupaten Pasaman karya Undri, Erric Syah dan Yondri.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 31 May 2019 11:15
Last Modified: 31 May 2019 11:15
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12264

Actions (login required)

View Item View Item