Bunga rampai Sumatera Selatan: maestro seni

Efrianto, Efrianto and Dona, Rahma and Arios, Rois Leonard and Marbun, Firdaus and Yulisman, Yulisman (2017) Bunga rampai Sumatera Selatan: maestro seni. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Padang. ISBN 978-602-6554-09-3

[img] Text
sumatera selatan 1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu hasil kajian yang dilakukan oleh peneliti di Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat yakni mengkaji dan kemudian menerbitkan para maestro yang ada di Propinsi Sumatera Selatan. Direktorat Internalisasi dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mendefinisikan maestro dengan cukup jelas. Maestro seni adalah “seseorang yang berkiprah dan sebagai pelopor dalam bidang kreativitas di bidang seni tradisi yang unik/khas, langka atau hampir punah dengan kriteria sebagai berikut : (1) berusia di atas 60 tahun dan telah berkiprah di bidangnya sekurang-kurangnya 35 tahun, (2) memiliki kemampuan sebagai pelopor dalam bidang kreativitas yang ditekuninya, (3) seni tradisi yang ditekuninya adalah sesuatu yang unik/khas, langka atau hampir punah (kelangkaan seni yang ditangani/ditekuni), dan (4) melakukan alih pengetahuan atau mewariskan keahliannnya kepada generasi muda.
Khasanah itu kemudian oleh Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat menerbitkan tentang maestro ini yakni Biografi Muhammad Rasyid Mestro Tari Dari Kabupaten Muara Enim Propinsi Sumatera Selatan oleh Efrianto, Kemas Anwar Beck : Berkarya Dalam Mengabdi oleh Rahma Dona, Sahilin : Teguh Dalam Keterbatasan biografi Sang Maestro Seni Batang Hari Sembilan oleh Firdaus Marbun, Wak Pet: Sang Aktor Pengawal Teater Tradisi oleh Rois Leonard Arios, dan Melindungi Seni Ginggong Dengan Menulis Perjalanan Maestronya Dalam Kaitannya Permen Kemendikbud Nomor 106 Tahun 2013 di Pagar Alam oleh Yulisman.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 27 May 2019 10:56
Last Modified: 27 May 2019 10:56
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item