Bunga rampai maestro seni Provinsi Bengkulu

Refisrul, Refisrul and Hasanadi, Hasanadi and Alhusna, Mutiara and Ferawati, Ferawati and Undri, Undri (2017) Bunga rampai maestro seni Provinsi Bengkulu. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Padang. ISBN 978-602-6554-08-6

[img] Text
BENGKULU EDIT.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan dan perubahan zaman menyebabkan sebagai besar masyarakat lebih bangga akan tradisi dan budaya yang datang dari luar. Faktor ini menyebabkan banyak tradisi dan budaya daerah atau lokal yang mulai terlupakan. Kondisi ini jelas mengkhawatirkan sebab masyarakat yang tidak lagi mengetahui tradisi dan budaya mereka renta terhadap krisis identitas. Seluruh anak bangsa memiliki peranannya masing -masing agar kekayaan budaya yang dimiliki tidak hilang ditelan masa. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki kewajiban agar kesenian dan tradisi yang dimiliki oleh setiap wilayah di daerah kerja dapat dipertahankan dan dilestarikan.
Langkah yang dilakukan oleh BPNB Sumatera Barat terkait dengan Tugas Pokok dan Fungsinya adalah melakukan kajian dan pelestarian tentang kebudayaan yang ada di wilayah kerja. Untuk itu pada tahun 2015, BPNB Sumatera Barat melakukan kajian tentang beberapa mestro seni di wilayah kerja. Tujuan kegiatan ini adalah menulis biografi beberapa mestro seni yang ada di Propinsi Bengkulu, dalam biografi tersebut akan menjelaskan riwayat hidup sang tokoh, serta kiprah yang telah dilakukan dalam mengembangkan dan mempertahankan kesenian daerah yang mereka miliki. Tahun 2017, hasil catatan tersebut diterbitkan dalam bentuk buku untuk masing – masing propinsi.
Buku yang saat ini yang disuguhkan kepada pembaca adalah buku mestro seni dari Propinsi Bengkulu, yakni M. Yusuf Mestro Tari dari Kota Bengkulu, yang ditulis oleh Refisrul, Siti Zahra : Mestro Tari Gandai dari Mukomuko yang ditulis Hasanadi. Buku ini juga menjelaskan tentang Syamsuri Zulkifli Tokoh Seni Tradis Sarapal Anam yang ditulis oleh Mutiara Al Husna, sedangkan tentang Aladin Bin Awam Menari Untuk Tradisi dan Negeri ditulis oleh Ferawati. Pada bagian terahir buku ini menjelaskan tentang Biografi Sayamsul Bahhri ditulis oleh Undri.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 13 May 2019 11:06
Last Modified: 13 May 2019 11:06
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item View Item