Pengetahuan, sikap, kepercayaan, dan perilaku generasi muda terhadap budaya tradisional di Kota Yogyakarta

Astuti, Renggo and Wahyuningsih, Wahyuningsih and Taryati, Taryati and Gurning, Elizabeth (1998) Pengetahuan, sikap, kepercayaan, dan perilaku generasi muda terhadap budaya tradisional di Kota Yogyakarta. Direktorat sejarah dan Nilai Tradisional, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

[img] Text
pengetahuan sikap kepercayaan generasi muda budaya tradisional kota yogyakarta.pdf

Download (22MB)

Abstract

Kebudayaan nasional berfungsi sebagai mekanisme pengendalian
yang bersifat nasional,baik antar suku bangsa maupun daerah,Kebudayaan nasional dapat memberi makna dan arah serta cita-cita bangsa.Juga merupakan kerangka acuan atau pedoman bagi sikap dan tingkah Iaku sosial dalam pergaulan antara sesama warga negara. Karena berakar dari kebudayaan suku bangsa atau kebudayaan daerah, sehingga merupakan identitas bangsa yang menimbulkan rasa bangga dan mengikat segenap pendukungnya.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang
transportasi dan komunikasi, mempercepat dan mempermudah frekuensi hubungan dan tukar menukar kebudayaan, baik antar suku bangsa maupun dengan kebudayaan asing. Kebudayaan asing yang dimaksudkan adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di luar wilayah Indonesia.Seiring dengan kemajuan dan perkembangan yang dicapai kini dapat dirasakan betapa mudahnya orang asing datang ke Indonesia dan sebaliknya orang Indonesia bepergian ke luar negeri. Dengan demikian tak dapat dipungkiri meningkatnya intensitas kontak kebudayaan, terutama kontak dengan kebudayaan asing yang dibawa oleh para turis dan usahawan manca negara, maupun orang Indonesia yang pergi ke luar negeri.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Sejarah
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 13 May 2019 11:43
Last Modified: 13 May 2019 11:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item