Adat dan upacara perkawinan daerah Maluku

M.D, Sagimun and Mantra, Mantra and S.Susanto, Astrid and Abu, Rifai and Sofiun, Anrini and Malelatoa, Junus and Swasono, Meutia and Rosmalawati, Rosmalawati and Murniatmo, Gatot and Tobing, Nelly and Sjamsidar, Sjamsidar and Parwieningrum, Endang (1977) Adat dan upacara perkawinan daerah Maluku. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
adat dan upacara perkawinan daerah maluku.pdf

Download (59MB)

Abstract

Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya pada tahun anggaran
1976/ 1977 memulai suatu kegiatan yang dinamakan Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah. Pada permulaan kegiatan proyek ini, telah dilakukan kegiatan penelitian dan pencatatan yang bersifat umum tentang Adat-Istiadat Daerah di seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun anggaran 1977/1978 , dimulai penelitian dan pencatatan yang bersifat tematis. Adat dan Upacara Perkawinan adalah tema yang dipilih sebagai obyek penelitian dan pencatatan dalam Adat-Istiadat Daerah. Dalam tahap pertama penelitian yang bersifat tematis ini yaitu tahun anggaran 1977/1978 dilakukan penelitian pada sepuluh daerah. Antara lain adalah Daerah Tingkat I Maluku.
Penelitian tema Adat dan Upacara Perkawinan akan berintikan hal-hal: adat sebelum perkawinan, upacara perkawinan dan adat sesudah perkawinan. Ketiga unsur tersebut mencoba melihat proses, pelaksanaan, pemantapan suatu perkawinan baik •dalam bentuk aturan-aturan maupun upacara-upacara yang dilaksanakan. Oleh karena itu dalam adat dan upacara perkawinan ini akan dilihat baik yang bersifat nilai-nilai, norma-norma ataupun kebudayaan material yang sehubungan dengan perkawinan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kampung Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Sejarah
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 11 May 2019 15:34
Last Modified: 11 May 2019 15:34
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item