Pedoman penguatan pendidikan karakter pada lembaga kursus dan pelatihan

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan (2018) Pedoman penguatan pendidikan karakter pada lembaga kursus dan pelatihan. Manual. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

[img] Text
PEDOMAN_PENDIDIKAN_KARAKTER_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025, mengamanatkan bahwa pembangunan karakter merupakan salah satu program prioritas pembangunan nasional. Pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Hal ini sekaligus menjadi upaya untuk mendukung perwujudan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. Pembangunan karakter sesuai dengan budaya bangsa Indonesia tentu tidak hanya dilakukan melalui serangkaian kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan, baik pada jalur formal maupun nonformal, melainkan juga harus diupayakan melalui proses pembiasaan dalam kehidupan di lingkungan keluarga dan masyarakat. Pembiasaan untuk mengaktualisasikan nilai- nilai religius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung jawab, dan nilai-nilai lainnya dalam pergaulan hidup sehari-hari perlu dilakukan secara terencana, bertahap dan berkelanjutan. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) memiliki peranan yang sangat penting dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), karena sasarannya menyentuh setiap strata masyarakat, baik ditinjau dari segi usia, tingkat pendidikan, maupun status sosial-ekonominya. Agar program Penguatan Pendidikan Karakter pada LKP (PPK-LKP) dapat diimplementasikan dengan baik, diperlukan panduan implementasi penguatan pendidikan karakter yang dapat dijadikan acuan oleh pemangku kepentingan sehingga terjadi internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik di LKP. Akhirnya, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga Panduan Penguatan Pendidikan Karakter pada LKP ini dapat diselesaikan dengan baik.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Juklak dan Juknis
Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat > Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Depositing User: PKL PKL
Date Deposited: 23 Mar 2019 13:21
Last Modified: 23 Mar 2019 13:21
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item