Pengenalan bahasa Indonesia di Kamboja melalui pengajaran BIPA : perwujudan wacana bahasa Indonesia sebagai bahasa ASEAN

Budihastuti, Exti (2018) Pengenalan bahasa Indonesia di Kamboja melalui pengajaran BIPA : perwujudan wacana bahasa Indonesia sebagai bahasa ASEAN. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.

[img] Text
Pengenalan Bahasa Indonesia di Kamboja melalui Pengajaran BIPA.pdf

Download (629kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengenalan bahasa Indonesia di Takeo, Kamboja melalui
pengajaran BIPA. Takeo, salah satu provinsi di Kamboja terletak 85 km dari ibukota negara, Phnom Penh, yang
sebagian besar masyarakatnya tidak mengenal Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan
kualitatif dengan analisis deskriptif yang menggunakan pengamatan, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengenalan bahasa Indonesia di Takeo, Kamboja melalui pengajaran BIPA menghadapi beberapa kendala, di antaranya adalah faktor budaya yang berbeda, faktor geografis yang menyulitkan komunikasi masyarakat Takeo dengan dunia luar, dan faktor hubungan diplomasi dua negara. Penelitian ini merekomendasikan segera terbentuknya kamus bahasa Indonesia-Khmer dan Khmer-Indonesia sebagai pendukung upaya perwujudan wacana bahasa Indonesia sebagai bahasa Asean.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Sastra Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan
Depositing User: Miss Eva Sulistiyaningsih
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:13
Last Modified: 25 Feb 2019 04:13
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item