Kebertahanan kosakata bahasa Bajo pada tanaman obat tradisional di Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe : suatu kajian ekolinguistik

Atina, Wuna (2018) Kebertahanan kosakata bahasa Bajo pada tanaman obat tradisional di Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe : suatu kajian ekolinguistik. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.

[img] Text
KEBERTAHANAN KOSAKATA BAHASA.pdf

Download (244kB)

Abstract

Kemampuan yang rendah bahasa daerah untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi dalam berbagai lini kehidupan serta terhadap peradaban modern. Menyebabkan semakin berkurangnya penggunaan obat tradisional adalah perubahan lingkungan. Dengan kata lain, ketika terjadi perubahan norma, kultur dan lingkungan yang disangga oleh kemajuan Iptek, maka pemakaian obat tradisional sangat terkait dengan hal tersebut. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, bahasa yang kini ada dan kita miliki sebagai kekayaan budaya lambat laun akan dilupakan orang, bahkan tidak menutup kemungkinan akan punah seiring dengan semakin rusaknya lingkungan tempat bahasa itu bereksistensi. Penelitian ini dipilih untuk mendapatkan fenomena: khazanah ekoleksikon, konsep budaya, dinamika kelestarian ekoleksikon tanaman obat tradisional pada komunitas suku Bajo di kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Sastra Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan
Depositing User: Miss Eva Sulistiyaningsih
Date Deposited: 25 Feb 2019 02:29
Last Modified: 25 Feb 2019 02:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item