Corak dan pola hubungan sosial antar golongan dan kelompok etnik di daerah perkotaan: suatu studi masalah pembauran dalam bidang sosial dan ekonomi daerah Surabaya Jawa Timur

Hidayah, Zulyani and Raharjo, Joko Muji (1997) Corak dan pola hubungan sosial antar golongan dan kelompok etnik di daerah perkotaan: suatu studi masalah pembauran dalam bidang sosial dan ekonomi daerah Surabaya Jawa Timur. Departemen pendidikan dan kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
corak dan pola hubungan sosial antar golongan dan kelompok etnik di daerah perkotaan.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pola hubungan sosial antar golongan etnik diperkotaan merupakan bagian lain dari corak kemajemukan masyarakat Indonesia.Kemajemukan ini secara sosial-budaya ditandai oleh adanya suku-suku bangsa yang jumlah semuanya lebih dari lima ratus. Mulai dari suku-suku bangsa minoritas dan terasing, sampai dengan suku-suku bangsa yang berjumlah puluhan juta jiwa dan telah banyak mengenal kemajuan.Masing-masing mempunyai cara hidup dan sistem nilai budaya tertentu yang berlaku sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari warga setiap suku bangsa tersebut.
Kemajemukan masyarakat, berbagai suku bangsa, dan beragam
corak kebudayaan tersebut mencerminkan adanya perbedaan dan pemisahan identitas sosial-budaya an tara suku ban gsa yang satu dengan suku bangsa yang lain. Akan tetapi perbedaan yang ada di antara kebudayaan-kebudayaan mereka adalah perbedaan yang disebabkan oleh.? Sementara itu puncak-puncak kebudayaan, yaitu konfigurasi dari masing-masing kebudayaan suku bangsa di daerah-daerah tersebut, sebenarnya juga ada yang memperlihatkan sejumlah kesamaan dan saling persesuaian, sehingga dapat menjadi landasan bagi terciptanya kebudayaan nasional.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 09 Mar 2019 04:06
Last Modified: 09 Mar 2019 04:06
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item