Bunga rampai budaya Sumatera Barat budaya masyarakat Minangkabau: seni, teknologi tradisional, dan hubungan antar budaya

Refisrul, Refisrul and Ernatip, Ernatip and Jumhari, Jumhari and Undri, Undri (2012) Bunga rampai budaya Sumatera Barat budaya masyarakat Minangkabau: seni, teknologi tradisional, dan hubungan antar budaya. BPSNT PadangPress, Padang.

[img] Text
bunga rampai budaya sumatera barat.pdf

Download (11MB)

Abstract

Indonesia kaya dengan seni tradisi, adalah suatu hal yang tak terbantahkan. Kekayaan itu berupa tari, lagu, teater dan seni lainnya.Ben1uk negara yang merupakan negara kesatuan dan terdiri dari berbagai suku bangsa, menunjang semua itu karena masing-masing suku bangsa memiliki seni tradisinya sendiri Setiap seni tradisi yang dimiliki suku bangsa-suku bangsa itu adalah khas dan unik Seni tradisi yang dimiliki suku bangsa Jawa berbeda dengan seni tradisi Sunda atau Betawi. Begitupun dengan seni tradisi Batak atau Minangkabau yang berbeda dengan seni tradisi Bugis, Makasar atau Papua dan masih banyak lagi mengingat jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia diperkirakan mencapai kurang lebih limara1us suku bangsa. Seni tradisi yang beraneka ragam itu tidak hanya dikenal oleh masyarakat pendukungnya tetapi telah 'merambah' ke seluruh nusantara bahkan mancanegara. Sebut saja beberapa diantaranya seni tradisi berupa tari, seperti tari srimpi dan bedhaya dari Jawa, pendet dan kecak dari Bali,jaipong dari Sunda, tari zapin dari Melayu, tari piring dan tari payung dari Minangkabau, tari perang dari Papua dan masih banyak lagi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 09 Mar 2019 04:34
Last Modified: 09 Mar 2019 04:34
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item View Item