Budaya masyarakat di lingkungan kawasan industri kasus: Desa Donoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Taryati, Taryati and Nurhajarini, Dwi Ratna (1998) Budaya masyarakat di lingkungan kawasan industri kasus: Desa Donoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagian Proyek Pembinaan dan Pengkajian Kebudayaan Masa Kini, Jakarta.

[img] Text
budaya masyarakat lingkungan kawasan industri donoharjo ngaglik sleman di yogyakarta.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kegiatan pembangunan di segala bidang merupakan kebijaksanaan nasional yang dikehendaki oleh seluruh rakyat, yaitu sebagai suatu usaha terencana untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan kehidupan secara merata. Kegiatan pembangunan terencana ini bukanlah suatu yang mudah diterapkan begitu saja dalam kehidupan masyarakat Indonesia, karena akan merubah dan mengguncangkan sendi-sendi kehidupan lama yang terlanjur mapan, serta akan berhadapan dengan kemajemukan sosial masyarakat itu sendiri. Sementara itu tuntuan pembangunan itu sendiri tidak bisa lagi ditangguhkan. Perkembangan penduduk yang terus meningkat tidak mungkin lagi ditanggulangi dengan cara-cara mengatasi lingkungan dalam kebudayaan lama. Kebutuhan hidup setiap penduduk tidak mungkin lagi dipenuhi dengan sistem pengolahan dan pengolahan sumber daya lingkungan tradisional yang sangat terbatas hasilnya, selain sumber daya lingkungan itu juga semakin berkurang. Pembangunan terencana menawarkan cara-cara mengatasi lingkungan yang lebih berdaya guna dan berhasil guna Sesuai dengan kebutuhan nasional. Perubahan cara-cara mengatasi lingkungan tersebut sering dikatakan sebagai perubahan dari kebudayaan agraris kepada kebudayaan industri.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Mr imam dwi pangestu
Date Deposited: 09 Mar 2019 05:03
Last Modified: 09 Mar 2019 05:03
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10829

Actions (login required)

View Item View Item