Perkembangan organisasi Muhammadiyah di Minangkabau Provinsi Sumatera Barat 1925-2010

Seno, Seno and Hasanadi, Hasanadi (2016) Perkembangan organisasi Muhammadiyah di Minangkabau Provinsi Sumatera Barat 1925-2010. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Padang. ISBN 9786028742870

[img] Text
Perkembangan organisasi muhammadyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan Organisasi Muhammadiyah di Minangkabau, Sumatera Barat (1925-2010). Uraiannya menyangkut masalah lahir, tumbuh dan berkembangnya Muhammadiyah di Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat sejak tahun 1925 hingga tahun 2010. Sebagai sebuah organisasi yang berjuang melakukan pembaharuan dalam kehidupan keagamaan dalam rangka untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, Muhammadiyah menetapkan landasan perjuangan pada nilai-nilai ajaran Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan sunnah Nabi. Memang banyak tantangan yang dihadapi oleh Muhammadiyah Minangkabau dalam mengemban misinya itu.
Mengikuti riak gelombang perjalanan sejarah bangsa, Muhammadiyah telah menjadi sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia, bahkan juga di dunia. Jika dilihat dari jumlah amal usaha yang telah dikembangkan oleh Muhammadiyah, baik dalam bentuk lembaga pendidikan maupun rumah sakit, kiranya tidak ada satu pun organisasi Islam yang dapat menandingi keberhasilan Muhammadiyah dalam mengemban misinya. Muhammadiyah di Minangkabau mempunyai ratusan lembaga pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi. Ini adalah berkat perjuangan kader-kader Muhammadiyah putra-putra terbaik ranah Minang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 26 Feb 2019 02:44
Last Modified: 26 Feb 2019 02:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item