Ientitas kultural orang Besemah di Kota Pagaralam

Jumhari, Jumhari and Hariadi, Hariadi (2014) Ientitas kultural orang Besemah di Kota Pagaralam. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Padang. ISBN 9786028742764

[img] Text
Identitas kultural orang besemah di Kota Pagaralam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang “Identitas Kultural Orang Besemah di Kota Pagaralam” merupakan ikhtiar penulis untuk melacak dan menelusuri kembali akar identitas kultural Orang Besemah di Kota Pagaralam. Identitas kultural adalah jati diri yang melekat pada satu individu atau kelompok orang atau etnis tertentu dengan seperangkat atribut dan nilai-nilai budaya yang membedakan dirinya dengan pihak lain (liyan). Dalam konteks masyarakat modern, identitas tidaklah bersifat tunggal, tetapi terus berkembang dan berubah sebagai akibat anya transformasi. Meskipun begitu, identitas kultural akan senantiasa mengalami proses perawatan kultural untuk terus dijaga dan dipleihara dari masyarakat penfdukungnya. Identitas kultural orang Besemah, seperti tinggalan megalitik, Pagaralam simbol kota perjuangan, rumah baghi dan juga bahasa, sastra dan budaya akan terus berubah dan pada titik tertentu identitas kultural orang Besemah akan didefenisikan dan dan diberi pemaknaan sesuai dengan jiwa zamannya (zeitgeist).
Menarik apa yang dikemukan oleh salah seorang sejarawan muda berbakat di tanah air, Hilmar Farid, yang menyampirkan kalimat satire, ‘bahwa sejarah digunakan tidak sebagai pengetahuan untuk melihat masalah sekarang, tapi hanya sebagai warisan yang harus dihargai. Artinya selama ini kita gagal dan tidak mampu melihat secara bijak bahwa sejarah ibarat kompas memberikan panduan tentang apa yang harus kita sipakan untuk emnatap kedepan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 02 Feb 2019 03:34
Last Modified: 02 Feb 2019 03:34
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10278

Actions (login required)

View Item View Item