Digitalisasi dan transliterasi naskah kuno di Provinsi Sumatera Barat

Hariadi, Hariadi and Rismadona, Rismadona and Suriani, Suriani (2016) Digitalisasi dan transliterasi naskah kuno di Provinsi Sumatera Barat. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Padang. ISBN 9786026554031

[img] Text
2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelestarian naskah-naskah mendesak dilakukan karena umur naskah yang telah lama dikhawatirkan akan hancur dan tidak dapat di baca lagi. Mengenai pelestarian budaya, termasuk naskah kuno merupakan amanat dari UUD 1945. Pemerintah atau Negara mendapatkan amanat untuk memajukan kebudayaan Nasional Indonesia. Disamping di amanatkan kepada pemerintah atau Negara, upaya pelestarian juga merupakan tugas bersama masyarakat Indonesia. Pemilik kebudayaan diharapkan senantiasa berupaya memelihara dan melindungi kebudayaan (Filtering), disamping berupaya untuk kebudayaan (progression) agar semakin maju sesuai dengan perkembangan lingkungnannya.
Dalam penjelasan pasal 32 UUD 1945, kebudayaan Nasional Indonesia memiliki tiga bentuk, yaitu : (1) Kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya. Hal ini berarti seluruh kebudayaan suku bangsa merupakan kebudayaan nasional. (2) Kebudayaan lama asli sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah seluruh Indonesia. Ini menyangkut segala nilai yang mampu melintasi batas suku bangsa serta dapat diterima oleh suku bangsa lain secara nasional. (3) Kebudayaan yang bertumpu pada ciptaan-ciptaan baru maupun ciptaan baru yang mendapatkan bahan baru dari kebudayaan asing yang mendapatkan pengembangan dan memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia. Berbagai macam perihal kebudayaan itu sendiri salah-satunya ada dalam khazanah naskah kuno.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Naskah Kuno
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 02 Feb 2019 03:50
Last Modified: 02 Feb 2019 03:50
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item