Orang Minangkabau di Kerinci: dari kemerdekaan sampai reformasi 1945-1998

Ajisman, Ajisman and Refisrul, Refisrul (2015) Orang Minangkabau di Kerinci: dari kemerdekaan sampai reformasi 1945-1998. BPNB Sumatera Barat, Padang, pp. 1-142. ISBN 9786028742900

[img] Text
Orang Minangkabau di Kerinci.pdf

Download (3MB)

Abstract

Diperkirakan kedatangan orang Minangkabau ke Kerinci melalui tiga jalur. Pertama melalui migrasi Perpindahan orang Minangkabau dari Sumatera Barat ke Kerinci tidak melalui program pemerintah, mereka datang diajak oleh kerabat keluarganya yang sudah menetap di Sungai Penuh. Kedua melalui perdagangan. Hal ini terlihat bahwa orang Minangkabau yang tinggal di Sungai Penuh hingga saat ini masih banyak bertumpu pada perdagangan seperti membuka rumah makan dan perdagangan lainnya. Selanjutnya yang Ketiga, melalui pengabdian tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Kondisi real lainnya adalah di Kota Sungai Penuh, pusat perdagangan umumnya ditempati oleh etnis Minangkabau. Pembauran yang terjadi antara orang Kerinci dengan Minangkabau di Kota Sungai Penuh sudah lama berlangsung. Hingga sekarang belum pernah kita mendengar terjadi konflik etnis tersebut. Yang menariknya baik orang Kerinci maupun orang Minangkabau di Sungai Penuh bisa saling mengerti bahasa yang dipergunakan dalam kegiatan perdagangan dan pergaulan sehari-hari. Tidak heran kalau orang Kerinci sebagian besar bisa berbicara dan mengerti dengan bahasa Minangkabau. Begitu juga sebaliknya orang Minangkabau bisa berbicara dan mengerti dengan bahasa Kerinci.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Mr Mardoni Mardoni
Date Deposited: 31 Jan 2019 04:32
Last Modified: 31 Jan 2019 04:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

View Item View Item