Penggunaan ragam kata sapaan penjual dalam interaksi jual beli di Pasar Bima: kajian sosiolinguistik

Azis, Abdul and Ernawati, Nini (2018) Penggunaan ragam kata sapaan penjual dalam interaksi jual beli di Pasar Bima: kajian sosiolinguistik. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.

[img] Text
PENGGUNAAN RAGAM KATA SAPAAN PENJUAL DALAM INTERAKSI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penjual di pasar Bima memiliki pola interaksi yang unik. Mengingat tingginya persaingan antarpedagang membuat mereka harus berusaha keras menyiapkan strategi-strategi untuk menarik hati pembeli. Salah satu strategi yang digunakan oleh penjual di pasar Bima adalah dengan menggunakan kata-kata sapaan yang dapat menarik hati pembeli yang datang di pasar. Penelitian yang berjudul “Penggunaan ragam kata sapaan penjual dalam interaksi jual beli di pasar Bima” ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penggunaan ragam kata-kata sapaan penjual dalam interaksi jual beli di pasar Bima, dan (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan kata-kata sapaan dalam interaksi jual beli di pasar Bima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, ditemukan 13 bentuk kata sapaan yang digunakan penjual dalam interaksi jual beli di pasar Bima. Ketiga belas bentuk kata sapaan tersebut adalah Dek, Kak, Bu, Pak, Mbak, Mas, Om, Tante, Aji, Umi, Bro, Sayang, dan Cantik. Kedua, faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan kata sapaan penjual meliputi faktor kelas sosial, jenis kelamin dan usia.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Pendidikan > Kebudayaan
Divisions: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan
Depositing User: Miss Eva Sulistiyaningsih
Date Deposited: 04 Feb 2019 06:57
Last Modified: 04 Feb 2019 06:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item View Item