Teknik las SMAW untuk SMK/MAK kelas X semester 2

Sukaini, Sukaini and Tarkina, Tarkina and Fandi, Fandi (2013) Teknik las SMAW untuk SMK/MAK kelas X semester 2. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

[img] Text
TEKNIK-LAS-SMAW-X-2.pdf

Download (7MB)

Abstract

Shield Metal Arc Welding (SMAW) merupakan suatu teknik pengelasan dengan menggunakan arus listrik yang Membentuk busur arus dan elektroda berselaput. Di dalam pengelasan SMAW ini terjadi gas pelindung ketika elektroda terselaput itu mencair, sehingga dalam proses ini tidak diperlukan tekanan/pressure gas inert untuk menghilangkan pengaruh oksigen atau udara yang dapat menyebabkan korosi atau gelembung-gelembung di dalam hasil pengelasan. Proses pengelasan terjadi karena adanya hambatan arus listrik yang mengalir diantara elektroda dan bahan las yang menimbulkan panas mencapai 3000 oC, sehingga membuat elektroda dan bahan yang akan dilas mencair.
Untuk mempelajari hal tersebut dalam buku Teknik Las SMAW 1 sudah dipelajari secara menyeluruh sebagai bahan penghantar kepada siswa untuk mempelajari buku teks bahan ajar teknik Las SMAW 2. Buku teks bahan ajar Teknik Las SMAW 2 merupakan buku pegangan siswa untuk program studi teknik perkapalan. Buku ini digunakan pada semester genap kelas XI. Pada semester ini kompetensi dasar di yang diajarkan menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki pserta didik untuk dapat mengelas SMAW pada posisi 1F/1G dan 2F/2G. Sesuai dengan silabus kurikulim 2013 teknik perkapalan. Sehingga diharapkan setelah menyelasaikan buku in siswa sudah dapat melajutkan ke posisi pengelasan yang lebih tinggi lagi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Guru > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan
Pendidikan > BUKU
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Direktorat Pembinaan SMK
Depositing User: Miss nurhayati nurhayati
Date Deposited: 31 Jan 2019 07:22
Last Modified: 10 Jun 2019 08:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10188

Actions (login required)

View Item View Item